2-Bulan Perdagangan AS-China, Nikkei Jepang Melonjak Ke Level Tertinggi

2-Bulan Perdagangan AS-China, Nikkei Jepang Melonjak Ke Level Tertinggi

Tokyo – Nikkei Jepang meningkat mendekati level tertinggi dua bulan pada perdagangan Senin pagi (01/7/19), lantaran sentimen risiko membaik usai Amerika Serikat dan China sepakat untuk memulai kembali pembahasan perdagangan, sedangkan saham bidang teknologi juga mendapat dukunga dari pelonggaran pembatasan pada Huawei .

Indeks Nikkei 225 meningkat yang tadinya 1,8 persen kini menjadi 21.658,93 poin pada istirahat tengah hari, sesudah mencapai tertinggi 21.669,65 poin, level terbaik sejak 7 Mei lalu.

China sepakat untuk melakukan pembelian produk pertanian AS yang belum ditentukan dan kembali ke meja diskusi, usai pertemuan akhir pekan antara Presiden AS Donald Trump denganĀ  Presiden Cina Xi Jinping. Tidak ada batas waktu yang ditetapkan untuk kemajuan dalam suatu kesepakatan, serta dua ekonomi terbesar dunia tersebut tetap berselisih mengenai bagian-bagian penting dari suatu perjanjian.

2-Bulan Perdagangan AS-China, Nikkei Jepang Melonjak Ke Level Tertinggi  (wartahub.com)
2-Bulan Perdagangan AS-China, Nikkei Jepang Melonjak Ke Level Tertinggi (wartahub.com)

Trump menganjurkan tanda damai kepada Xi tentang Huawei Technologies Co, pembuat peralatan jaringan telekomunikasi terbesar di dunia. Washington sudah memasukkan Huawei ke daftar hitam ekspor dengan alasan persoalan keamanan nasional, yang melarang penyalur AS untuk menjual ke perusahaan tersebut tanpa persetujuan khusus.

Trump menuturkan, Departemen Perdagangan AS akan mempelajari pada beberapa hari mendatang apakah akan melontarkan Huawei dari daftar perusahaan yang dilarang membeli komponen serta teknologi dari perusahaan AS tanpa kesepakatan pemerintah.

“Ini semua adalah berita positif bagi pasar, Bagian tentang Huawei adalah kejutan positif bagi pasar,” papar Shogo Maekawa, ahli strategi pasar global di JPMorgan Asset Management.

Saham yang terpaut dengan chip dan pembuat komponen listrik reli diantaranya yakni Tokyo Electron melonjak 4,7 persen, Advantest melonjak 6,1 persen, TDK Corp naik 6,0 persen, Sumco Corp bertambah 3,7 persen hingga Minebea Mitsumi naik 4,0 persen.

Perusahaan lain yang mempunyai eksposur tinggi ke China juga mendapatkan dukungan. Murata Manufacturing meningkat 5,3 persen, Yaskawa Electric Corp melonjak 4,6 persen serta Keyence Corp menambahkan 2,8 persen.

Sementara itu, pembuat produk resin JSR Corp jatuh 3,5 persen usai kementerian industri menuturkan bahwa Jepang akan memperketat pembatasan ekspor material teknologi tinggi yang digunakan pada tampilan telepon pintar dan chip ke Korea Selatan sebagai tanggapan terhadap keputusan Korea Selatan perihal kerja paksa di masa perang.

Indeks Topix yang lebih luas meningkat yang tadinya 1,7 persen kini menjadi 1.576,75 poin, dengan semua 33 subsektornya berada di wilayah positif.