12 Ribu Personel Satpol PP Dikerahkan Kawal Demo 22 Mei

12 Ribu Personel Satpol PP Dikerahkan Kawal Demo 22 Mei

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan mengerahkan 1.200 personel untuk mengawal demo 22 Mei 2019. Demikian disampaikan Kepala Satpol PP, Arifin saat dihubungi Selasa, 21 Mei 2019.

Arifin menuturkan, hal tersebut menjawab permintaan bantuan dari kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Ibu Kota.

“Semata-mata ini kan juga sifatnya preventif dan antisipasi apabila ada gangguan yang berkaitan dengan ketertiban Jakarta,” ujar Arifin.

Dijelaskan Arifin, Polda Metro Jaya meminta bantuan kepada Satpol PP untuk membantu pengamanan di obyek vital. Rencananya, nanti anak buahnya akan disebar di sekitar KPU RI, Bawaslu RI, Istana Negara, Lapangan Banteng, Patung Kuda, serta Gedung MPR dan DPR. “Lebih banyak di Jakarta Pusat kosentrasinya,” jelas Arifin.

12 Ribu Personel Satpol PP Dikerahkan Kawal Demo 22 Mei (wartahub.com)
12 Ribu Personel Satpol PP Dikerahkan Kawal Demo 22 Mei

Selain itu, Satpol PP juga fokus menjaga keamanan di tempat-tempat wisata seperti Monumen Nasional (Monas). Menurut Arfin, Satpol PP akan memperketat pengamanan dan memastikan, situasi Jakarta tetap kondusif.

Diketahui sebelumnya, seruan demontrasi datang dari kubu capres 02 dalam menyikapi hasil Pilpres 2019 yang penuh dengan kecurangan. Rencananya, mereka akan menggelar aksi di depan kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 22 Mei 2019. Hal itu menuruti jadwal awal penetapan KPU.