Prabowo-Sandi Sukses Kalahkan Petahana Di Banda Aceh

Prabowo-Sandi Sukses Kalahkan Petahana Di Banda Aceh

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh telah menyelesaikan perhitungan hasil peraihan suara Pemilu Serentak 2019 ini. Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno unggul telak dengan mendapatkan sebanyak 106.872 suara. Hal itu di sampaikan oleh Indra Milwady selaku Ketua KIP Banda Aceh saat berada di kantor KIP Banda Aceh, pada (29/4/2019).

“Untuk calon presiden nomor urut 01 itu suaranya 15.103 suara dan calon presiden nomor urut 02 yaitu 106.872 suara,” ungkap Indra Milwady.

Perhitungan suara telah di selesaikan oleh KIP Banda Aceh pada (28/4/2019), sekitar pukul 05.00 WIB. Proses perhitungan suara dijalankan mulai dari (27/4/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. KIP Banda Aceh menghitung suara dari sembilan kecamatan dengan jumlah sebanyak 592 tempat pemungutan suara (TPS). Proses perhitungan suara tersebut berlangsung dengan lancar.

Walaupun begitu, Indra tak mendetailakn peraihan suara kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di setiap kecamatan. Indra menilai, bahwa suara yang tak sah untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden mencapai ribuan pemilih.

“Suara tidak sah yaitu 1.872 suara,” jelas Indra.

Prabowo-Sandi Sukses Kalahkan Petahana Di Banda Aceh
Prabowo-Sandi Sukses Kalahkan Petahana Di Banda Aceh (wartahub.com)

Peraihan Suara Untuk DPRK

Selain itu untuk pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) di Kota Banda Aceh, terdapat empat partai yang mendapatkan suara terbanyak. Partai yang mendapatkan suara terbanyak tersebut, antara lain PAN, PKS, Demokrat, serta Gerindra.

“Itu baru hasil rekap perhitungan suara. Nanti kalau tidak ada gugatan di MK atau setelah selesai gugatan, baru kita lakukan pleno untuk penetapan perolehan kursi,” tutur Indra.

Indra menyatakan, Partai Demokrat juga PAN diprediksikan akan mendapatkan kursi di lima dapil di Kota Banda Aceh. Bukan hanya itu, PKS juga mendapatkan kursi dari empat dapil.

“Namun, di dapil Jaya Baru, PKS bisa mendapatkan dua kursi,” katanya.

Hasil rekap penghitungan suara tersebut akan dibawa ke pleno di KIP Aceh. Dan nantinya di agendakan, KIP Aceh akan melakukan proses perhitungan serta pleno mulai (7/5/2019) mendatang usai seluruh kabupaten/kota telah rampung melakukan perhitungan suara.