TGB Di Dakwa Terima Dana Divestasi Newmont Nusa Tenggara

TGB Di Dakwa Terima Dana Divestasi Newmont Nusa Tenggara

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat informasi keluar-masuknya uang di rekening Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dan istrinya terkait dengan dakwaan korupsi dana divestasi Newmont Nusa Tenggara. TGB di dakwa menerima arus dana divestasi masa 2009-2013.

Menurut informasi, TGB di dakwa menerima uang secara langsung dan juga tidak langsung atau gratifikasi sebanyak Rp7,36 miliar selama 2009-2011. Uang tersebut bergerak lewat beberapa rekening di Bank Mandiri Bank Syariah Mandiri, BCA dan Citibank milik pribadinya. Arsip tersebut pun menyebutkan, arus uang ke TGB dalam bentuk penukaran valuta asing yang bernilai US$1 juta.

KPK bersama dengan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk membenahi kasus tersebut. KPK mendapati dakwaan arus dana dari PT Recapital Asset Management ke rekening Bank Syariah Mandiri punya TGB sebanding dengan Rp1,15 miliar pada 2010. KPK mendakwa, uang tersebut berkaitan dengan pembelian 24 persen saham hasil divestasi Newmont oleh PT Multi Daerah Bersaing pada November 2009.

PT Multi Daerah Bersaing merupakan perusahaan daerah PT Daerah Maju Bersaing dan PT Multi Capital. PT Daerah Maju Bersaing di bangun pemerintah Daerah NTB dan Kabupaten Sumbawa beserta Sumbawa Barat, lokasi tambang emas Newmont. Sementara PT Multi Capital anak usaha PT Bumi Resources, Grup Bakrie. Mengenai Recapital Asset Management, badan yang di dakwa memberikan uang ke TGB, perusahaan pengatur investasi Grup Bakrie.

Arus uang dari Recapital Asset Management adalah salah satu hal yang di pertanyaan oleh penyelidik KPK ketika memeriksa TGB di rumah dinasnya pada pertengahan Mei 2018. TGB di dakwa pernah memberikan sebagian uangnya kepada istrinya, Robiatul lebih dari Rp4 miliar selama 2009-2011. Daftar lain memperlihatkan Robiatul menggunakan uang dari TGN untuk membeli sebuah Toyota All New Alphard.

TGB Di Dakwa Terima Dana Divestasi Newmont Nusa Tenggara
TGB Di Dakwa Terima Dana Divestasi Newmont Nusa Tenggara (wartahub.com)

Uang lain di dakwa bergerak ke rekening Erica Lucyfara Panjaitan. Dia menerima dari TGB di rekening Bank Mandiri. Zainul menikah dengan Erica pada 2013 usai menceraikan Robiatul. Di rekening tersebut terlihat arus dana dari TGB sebanyak US$ 67.695 dan Rp606,3 juta sampai Desember 2013.

Hasil dari penyelidikan PPATK yang telah di menyerahkan ke KPK, menyatakan, bahwa modus lain dakwaan pencucian dana oleh TGB. Menurut seorang aparat hukum, TGB di dakwa memakai  pegawai-pegawai pemerintah provinsi NTB dan ajudannya untuk menjalankan transaksi atas namanya yang unagnya di dakwa berasal dari gratifikasi sahan Newmont.

“Diduga ia juga menggunakan kerabatnya, sebagai nominee dalam sebagian transaksi,” pungkas sumber infomasi itu.