Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas

Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas

Jakarta – Reuni Akbar 212 yang digelar Mingu lalu (2/12/18) di kawasan Monas berlangsung damai, tertib, aman dan terkendali. Fakta-fakta yang di dapat saat pelaksanaan Reuni Akbar 212 tersebut :

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Para peserta aksi dalam reuni 212 mengumandangkan lagu Indonesia Raya Sebelum mulainya acara yang berlangsung tertib.

“Ayo kita berdiri semua untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semua harus tertib yang ingin masuk, jangan saling dorong,” kata pemimpin aksi melalui pengeras suara. Selain menyanyikan lagu Indonesia Raya, Para peserta juga menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Garuda Pancasila.

Hadirnya sejumlah tokoh, Sejumlah tokoh yang hadir dalam aksi reuni 212 2018. antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Capres no 02 Prabowo Subianto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amine Rais, Wakil ketua Mpr Hidayat Nur Wahid, sampai Fadli zon.

Dalam acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta turut menyampaikan pidatonya. Tidak ketinggalan pula Prabowo pun juga ikut menyampaikan pidatonya pada acara yang sama yang dilaksanakan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dengan di damping pengawalan yang ketat keduanya meninggalkan tersebut secara bersama pada pukul 09.00 WIB.

Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas
Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas

Semetara itu Zulkifli Hasan meninggalkan lokasi tersebut pada pukul 08.45 WIB . beliau pun mengucap syukur karena acara Reuni 212 berlangsung tertib. “Alhamdulillah (reuni akbar 212) tertib,” kata Zulkifli yang mengucap syukur.

Peserta membawa kantong plastik untuk punguti sampah, Beberapa peserta aksi Reuni 212 turut membawa kantong plastic besart untuk membersihkan sampah yang ada di Monas ataupun juga di jalan Raya sekitaran Monas. Mereka melakukan kegiatan ini secara individu ataupun bersama dengan kelompok.

Adapun mereka membawa kantong plastik hitam ataupun kuning untuk memungut sampah plastik makanan, minuman, atau juga puntung rokok yang ada di kawasan tersebut. Salah seorang peserta reuni 212, juga turut membawa kantong sampah ia mengungkapkan dilakukannya hal tersebut agar tidak menyuahkan para petugas kebersihan.

Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas
Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas

“Kami ingin tunjukkan umat Islam tertib sampai sampah putung juga tidak ada. Pokoknya jangan sampai setelah aksi ini menyusahkan petugas kebersihan. Kalau sudah dikumpulkan di plastik besar, petugas kebersihan kan tinggal angkut saja tidak perlu nyapu lagi,” ujar Andris.

Penumpang KRL menjadi melonjak, Beberapa stasiun Kereta Rel Listrik yang ada di sejumlah daerah mengalami lonjakan penumpang mulai dari hari Sabtu (1/12/2018) hingga Minggu (2/12/2018).

Eva Chairunisa selaku VP Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), menyebutkan pengguna yang naik turun di Stasiun Juanda sampai dengan pukul 10.00 WIB tercatat sekitar 40.170 penumpang atau meningkatnya sekitar 9 kali lipat dari jumlah yang biasanya yaitu hanya sekitar 4.718 penumpang. Sementara itu untuk stasiun Gondangdia yang biasanya hanya 3.229 penumpang meningakat 15 kali lipat menjadi 47.559 penumpang.

Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas
Ini Fakta-fakta Yang Ditemui Pada Aksi Reuni Akbar 212 Di Monas

Para peserta Reuni Akbar 212 shalat  Zuhur secara berjamaah, Para peserta aksi menggelar shalat Zuhur Berjamaah setelah acara reuni usai. Shalat berjamaah di laksanakan di depan panggung utama aksi Reuni Akbar 212. Sejumlah peserta menggelar sajadah ataupun tikar yang mereka bawa sebagai alas shalat.

Dan mereka pun berwudhu menggunakan air mineral atau air keran dari mobil. Salat berjamaah juga di gelar di beberapa titik selain di depan panggung utama.

Dan ditutup dengan Salawat dan hamdalah, Acara Reuni Akbar 212 berakhir lebih cepat dari jadwal yang sudah di rencanakan yaitu pukul 11.00 WIB. Berakhirnya acara ini di tutup dengan bersalawat dan mengucapkan hamdalah bersama yang di pimpin oleh Habib Bahar Bin Smith serta pembicara lainnya. Habib Bahar pun memberitahu kepada para peserta agar pulang dengan tertib dan damai.

“Silakan kembali ke rumah masing-masing dengan tertib dan damai. Jangan lupa sampahnya dibuang ke tempatnya, rumput jangan sampai diinjak,” ujar Habib Bahar untuk menghimbau para peserta.