Wow, Kerennya Bandara Apung Ahmad Yani Di Semarang

Wow, Kerennya Bandara Apung Ahmad Yani Di Semarang

Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis 7 Mei 2018. Presiden pun mengapresiasi pembangunan terminal baru bandara yang berhasil selesai lebih cepat dari target pada Desember 2018.

Wow, Kerennya Bandara Apung Ahmad Yani Di Semarang

Luas terminal baru tersebut sembilan kali lebih besar dari terminal lama dengan luas 6.708 meter persegi dengan daya tampung 800 ribu penumpang/tahun. Sedangkan luas apron mencapai 72.522 meter persegi, sehingga dapat menampung 12 parking stand untuk pesawat narrow body.

Bangunan terminal sebagian besar berdiri di atas air dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area. Hal ini untuk mengakomodir konteks lahan yang sebelumnya merupakan lahan rawa.

Pada area bandara juga ditanami 24 ribu bibit mangrove untuk medukung pelestarian lingkungan yang dapat menghadirkan banyak keistimewaan, baik dari aspek fisik, ekologi, maupun ekonomi. Keberadaan hutan mangrove di sekitar bandara nantinya dapat dikembangkan sebagai obyek wisata alam tersendiri.

Wow, Kerennya Bandara Apung Ahmad Yani Di Semarang

Menurut Faik, hadirnya terminal baru ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I kepada pengguna jasa bandara serta masyarakat Semarang dan Jawa Tengah untuk meningkatkan tingkat layanan kebandarudaraan dengan mengutamakan kenyamanan tanpa mengenyampingkan aspek keselamatan dan keamanan.

“Selain itu, pengoperasian terminal baru ini juga merupakan bentuk kontribusi kami merespon perkembangan perekonomian daerah, Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, terminal ini dilengkapi dengan 30 counter check-in, delapan eskalator, delapan elevator, dua travelator, serta tiga buah garbarata. Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan.