Ngecamp Asik Sambil Menikmati Puncak Suroloyo Kulon Progo

Ngecamp Asik Sambil Menikmati Puncak Suroloyo Kulon Progo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu wisata alam terindah yang ada di Kulon Progo, dengan ketinggian kurang lebih 2000 meter menjadikan tempat ini sebagai puncak tertinggi di pegunungan menoreh.

Beberapa informasi mengatakan jika Puncak Suroloyo merupakan pertemuan antara 4 gunung yaitu Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, serta Merapi, sebab jika ditarik garis lurus maka puncak ini menjadi porosnya. Memang banyak sekali versi cerita dari tempat ini, yang pasti jika berkunjung kita bakal disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Puncak Suroloyo terletak di kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, salah satu kecamatan yang berbatasan dengan kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat ini cukup mudah, tapi perlu berhati-hati karena medannya yang penuh dengan tanjakan tinggi.

Walaupun penuh dengan tanjakan tinggi, tetapi tidak ada perjuangan yang sia-sia, sebab setelah menempuh perjalanan yang panjang untuk mencapai puncaknya, kita akan disuguhi pemandangan yang indah berupa candi Borobudur dan kota Jogja. Selain pemandangan tersebut, tempat ini juga menjadi pilihan bagi beberapa komunitas untuk melakukan hiking sekaligus ngecamp, yap disini juga disediakan lahan bagi para traveller pemburu sunrise.

Pemandangan sunrise dari Puncak Suroloyo ini bisa dikatakan salah satu yang paling indah di Kulon Progo, bagaimana tidak saat pancaran sinar mentari menyapa kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dimana Gunung-gunung yang berdiri kokoh dan candi Borobudur berselimut kabut pagi, sungguh pemandangan yang layak untuk diabadikan.

Ngecamp Asik Sambil Menikmati Puncak Suroloyo Kulon Progo

Untuk tiket masuknya pun masih dalam kategori murah sebab setiap pengunjung dipatok harga kurang dari 20.000,- saja, tetapi jika menginginkan ngecamp harus menghubungi pengelola terlebih dahulu, agar bisa terdata terlebih dahulu, jangan asal tancap tenda. Semua juga demi keamanana dan kenyamanan bersa

Beberapa tips buat kalian yang mau ngecamp disini diantaranya :

  1. Pastikan kedaraan kalian dalam kondisi fit karena sepanjang perjalanan kalian akan menikmati tanjakan yang cukup tinggi mulai dari daerah dekso
  2.  Siapkan bekal yang cukup karena dilokasi masih jarang warung yang buka sampai malam
  3. Untuk area parkir sudah disediakan namun harus tetap diberi pengaman ya kendaraannya
  4. Yang terakhir dan tak kalah penting adalah siapkan plastik untuk menyimpan sampah, dan ingat ya, jangan buang sampah sembarangan.

Bagaimana, sangat menarik bukan? Jadi, apabila bosan ngecamp ditempat yang itu-itu saja cobalah ke Puncak Suroloyo dapat jadi pilihan tepat untuk ngecamp asik di puncak tertinggi pengunungan menoreh Kulon Progo.